Tan My ID

Belajar Mikrotik Tanpa Router

 

Tags: Mikrotik


Bagi kalian yang sedang dalam jenjang SMK terutama jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) pasti tidak asing dengan mikrotik, Mikrotik adalah sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer).

Tapi bagi kalian yang berminat belajar mikrotik tapi tidak punya routernya, kalian bisa menggunakan Virtual Box. Dengan Virtual Box kalian dapat menginstall os yang sama dengan yang ada pada Router Mikrotik.

Dalam hal ini kalian tidak perlu membeli routernya yang kira kira seharga 500 - 700 ribu rupiah untuk sekedar latihan dasar dasar dari mikrotik.

Dalam blog ini nantinya akan mengemas dengan singkat bagaimana kita belajar mikrotik tanpa menggunakan router.

Kita hanya membutuhkan 1 PC sebagai server, sysadmin, dan client test.

Nantinya kita akan menggunakan fitur network pada Virtual Box dengan semaksimal mungkin. Mulai untuk akses internet sampai pendistribusian ke client test. Bagaimana sangat mudah bukan?

Apa saja hal hal yang harus di siapkan min? Cukup jaringan internet dan OS Windows atau Linux Virtual. Fungsinya tidak lain yaitu untuk menjadi client test.

Oke sekian opening dari artikel ini, semoga kedepannya akan bermanfaat bagi kalian semua

*Update, kalian sudah bisa melihat tutorial dasar mikrotik di SINI

Terima Kasih :D